Oct 20, 2014 at 11:40 PM
CERITA SEHARI HARI
Halo Anak Indonesia! arrow Rubrik arrow Sekolah arrow ZONA WAKTU DUNIA
Share Answer Questions
 
ZONA WAKTU DUNIA PDF Print E-mail
Written by bocah   
Nov 21, 2007 at 12:00 AM

globe ”Siaran langsung akan disiarkan mulai pukul 16.00 WIB” begitulah cuplikan pembaca berita di radio atau televisi. Apakah arti WIB? , apalagi selain WIB? Kenapa waktu bisa berbeda-beda? Bagaimana cara membagi perbedaan waktu di dunia ini?   

Bumi kita yang bulat ini berputar pada sumbunya yaitu di kutub utara dan selatan, coba lihat bola dunia yang ada di sekolah kamu. Nah, bayangkan bumi kita adalah buah semangka yang ”dibelah” dengan sebuah pisau yang melewati kutub utara dan selatan.
 
23344973 Lalu dilanjutkan lagi dengan ”membelah” menjadi lebih kecil dengan tetap melewati kutub-kutubnya (seperti halnya tukang buah menjajakan buah semangka).Bila semangka itu di katupkan lagi, akan meningalkan garis yang melingkar melewati kutub-kutubnya. Itulah yang disebut garis bujur.

Garis Bujur adalah garis imaginer yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi. Seperti kamu liat ke ”semangka” tadi, potongan semangka akan mengecil di kedua ujungnya, dan tebal di bagian tengahnya, begitu halnya dengan garis-garis bujur yang ada di bola bumi kita. Semua garis-garis bujur akan bertemu di kutub utara dan selatan bumi.

Pemberian angka pada garis bujur berdasarkan satuan derajat, satu lingkaran penuh 360o, setengah lingkaran 180o, dimulai dari 0o. Dan posisi 0o itu telah disepakati adalah garis yang melalui greenwich di London. Bayangkan kembali sewaktu kita membelah ”semangka” pertama kali menjadi dua bagian yang sama, maka irisan pisau akan melewati goka greenwich. Lalu sebelah ”kanan” greenwich atau ke arah timur kita sebut Bujur Timur, dan sebelah ”kiri” greenwich atau ke arah barat disebut Bujur Barat masing-masing dimulai dari 0o hingga 180o.

GREENWICH Garis 180o yang melewati samudera pasifik dikenal sebagai garis penanggalan internasional, pada ”garis” ini lah penanggalan dan hari berubah (jika di bagian timur sudah hari selasa, maka di bagian barat masih hari senin).

Perbedaan waktu setiap belahan bumi juga bisa dihitung berdasarkan posisi kita di garis bujur. Karena satu putaran bumi itu memakan waktu 24 jam, maka perbedaan waktu 1 jam adalah pada 360o/24 = 15o garis bujur. Artinya setiap tempat yang memiliki perbedaan posisi bujur sebesar 15o akan memiliki perbedaan waktu 1 jam.

Inilah pembagian zona yang dirintis oleh orang Kanada, Sir Stanford Fleming (1827-1915)

 Sebagai contoh indonesia terletak antara 95oBT-141oBT, jika dihitung dari garis 0o (greenwich) maka posisi di 95o BT ini memiliki perbedaan waktu sebanyak 95o/15o = 7 jam lebih awal dari waktu di greenwich (jika di London adalah tepat tengah malam, maka di Jakarta adalah ”sudah” jam 7 pagi, atau bisa juga disebut saat itu waktu di jakarta adalah pukul 0 GMT, yaitu singkatan dari Greenwich Mean Time).

indonesia_pol_2002 Akibat posisi Indonesia yang terbentang dari 95o hingga 141o maka indonesia terbagi menjadi 3 zona waktu yang masing-masing berbeda 1 jam yaitu WIB : Waktu Indonesia bagian Barat; WITA : Waktu Indonesai bagian Tengah; WIT : Waktu Indonesia bagian Timur (jika di jakarta jam 7 pagi, maka di bali sudah jam 8 pagi dan di Papua sudah jam 9 pagi)

Namun kadang ada negara yang tetap menggunakan patokan waktu berdasarkan "kepentingan" nya. Misal Singapura, yang kalau dilihat secara geografis adalah masuk ke dalam wilayah Indonesia Bagian Barat, namun perhitungan waktunya adalah mengikuti aturan Indonesia Bagian Tengah (Singapura menyesuaikan zona waktu dengan Hongkong, demi keseragaman "waktu" perekonomiannya). Negara China yang terbentang begitu luas sehingga seharunya memiliki lebih dari 4 zona waktu, lebih memilih satu zonasi waktu saja.

Coba deh kalau kamu punya teman, sahabat, atau keluarga di luar negeri, coba hubungi lewat telepon, dan tanyakan jam berapa sekarang....cocokkan dengan perhitungan kamu.***

(dari berbagai sumber)

(sumber foto : istimewa)


E-mail

  Komentar kamu (31)
RSS comments
 1 Written by Lala, on 18-10-2008 06:59
bagus tapi kok greenwich piccola nya "tidak" ditunjukan langsung ke layar laptop /komputer ?
 2 Written by ruparupablogku website, on 28-10-2008 13:01
Mas mau tanya, kenapa kok indonesia ga punya bujur timur?tolong alasanannya yang logis dan teoritis ya...terimakasi banyak
 3 Written by b0cah, on 29-10-2008 00:31
buat #2, mungkin maksud kamu adalah mengapa Indonesia tidak "memiliki" bujur barat?. Jika memang demikian pertanyaan kamu, maka penjelasannya adalah karena Indonesia berada di sebelah "timur" garis bujur 0 (yang melewati Greenwich). Sementara Garis Bujur Barat, berada di sebelah "barat" garis bujur 0 tadi. Semoga penjelasannya mudah dipahami, ada rekan b0cah lain yang mau membantu?
 4 Written by mirna website, on 30-10-2008 04:58
berarti tempat yg berada 10 derajat sebelah "barat" Greenwich koordinatnya 10BB ya? dan tempat yg berada 10 derajat sebelah "timur" Greenwich koordinatnya 10BT?
 5 Written by b0cah, on 30-10-2008 05:34
buat no #4, kamu betul!! begitulah seharusnya
 6 Written by Budi setiyarso website, on 06-01-2010 00:32
tulisan anda menginspirasi tulisan ini http://geourban.wordpress.com/2009/12/23/aneh-tapi-nyata/
 7 Written by berlian, on 26-02-2010 11:41
apa perbedaab bujur barat dengan bujur timur?? mohon di jawab
 8 Written by sucy, on 27-05-2010 08:44
jadi berapa jam perbedaan waktu indonesia dengan pacific...?  
tolong penjelasannya...
 9 Written by rika, on 14-07-2010 02:05
sebenarnya meridian pangkal WIB, WITA, dan WIT itu berapa sich? tolong beri penjelasan!
 10 Written by elfan, on 26-07-2010 08:49
Kapan kita punya waktu Islam tersendiri, Sudah waktunya Umat Muslim se dunia mempunyai waktunya tersendiri krn itu: 
DUKUNG GMT DIGANTI DENGAN MEKKAH MEAN TIME (MMT) 
http://www.facebook.com/topic.php?topic=169&uid=134378033267979#!/group.php?gid=134378033267979&ref=mf
 11 Written by deddy, on 31-08-2010 01:04
mau tanya, jika GMT + 12.00 alias 180BT pada jam 07.00 tanggal 5. maka GMT -12.00 alias 180BB pukul berapa?tanggal berapa?....apakah dimungkinkan 1 daerah mempunyai 2 tanggal? 
terimaaksih
 12 Written by gunadi, on 31-08-2010 02:24
180 BT dan 180 BB adalah tempat dengan lokasi yang sama (berimpitan) maka seharusnya punya tanggal dan hari yang sama donk
 13 Written by liana, on 01-09-2010 15:05
jadi kalau di indonesia jam 1 pagi, di china jam berapa?
 14 Written by rendra, on 20-10-2010 04:05
klu di indo jam 21:oowib kl d hongkokng jamberapaya..
 15 Written by muhammad cyril hadrian website, on 16-12-2010 12:54
bagus
 16 Written by tya, on 01-02-2011 14:14
seharusnya di sertakan perbedaannya terhadap GMT agar lebih jelas, contoh : WIB waktu GMT + 7...
 17 Written by mheylachh chiliqerz, on 04-02-2011 05:44
mengapa green wich menjadi tempat starr waktu didunia 
berikand alazandx
 18 Written by bimantoro, on 04-02-2011 06:25
mheylachh (nama kamu dan bahasa kamu "alay" banget) kenapa Greenwich menjadi patokan adalah karena alasan berikut : 
1. Di Greenwich terdapat Observatorium Kerajaan yang menjadi patokan para pelaut kerajaan inggris yang saat itu banyak melakukan pelayaran ke seluruh dunia 
2. Inggris banyak memiliki daerah jajahan di seluruh penjuru dunia, sehingga Inggris banyak menerapkan pengaruh negaranya (termasuk patokan waktu di Greenwich tersebut) 
3. Penentuan Greenwich sebagai patokan waktu adalah lebih kepada hasil kesepakatan Internasional. 
 
Demikian, semoga bermanfaat, oh ya belajarlah berkomuniasi secara baik dan benar ya.
 19 Written by Eva Dwi Safitri website, on 15-03-2011 11:53
mau tanya mas..' 
kalo misalnya kota X: 35derajat BB sedangkan kota Y : 40derajat BB 
perbedaan waktu nya berapa ? 
kalo dijadiin menit ? 
mohon di jawab... 
dengan cara ya... 
terima kasih
 20 Written by Yusdhis, on 16-03-2011 03:26
Selisih kota x dan y adalah 40-35 = 5 derajat (karena sama-sama di BB) 
karena 15 derajat itu beda waktunya 1 jam (60 menit) 
maka kalau 5 derajat beda waktunya (60 x 5)/15 = 20 menit. 
Pertanyaannya mana yang lebih dahulu, kota x atau y hayoo?
 21 Written by riuta, on 06-04-2011 08:35
bagai mana cara menghitung waktu di kutub utara atau selatan? karena disanalah tiap-tiap bujur menjadi 1 titik.
 22 Written by Yusriwan Tjuanda, on 29-04-2011 04:45
caranya tetap sama, dengan memakai perhitungan selisih derajat dibagi dengan 15 derajat kemudian dikalikan dengan 5 menit. 
namun uniknya, di daerah kutub saja yang kita bisa saksikan semua perubahan waktu (24jam) secara bersamaan pada bulan maret dan bulan september.
 23 Written by bri~, on 29-04-2011 08:27
bagi yang no.10 ... saya tidak setuju karena GMT bukan berdasarkan agama,,,tapi karena persetujuan internasional.... kalau anda mau pakai MMT pakai saja,,,jangan merubah standar baku untuk pembagian zona waktu....thx b4
 24 Written by Rizky Kurniawan website, on 06-09-2011 15:53
Mas/mbak. Saya mo nanya, mungkin pertanyaan saya adalah pertanyaan dasar tp jika tidak bertanya, maka saya masih tidak akan tahu jawabannya. Kalo Jakarta dengan Osaka (Jepang), berapa selisih waktunya yaa..?? Mohon jawabannya. Dan mohon jawabannya kirim via email saya (sudah saya cantumkan diatas) agar saya bisa membacanya, karena kemungkinan saya tidak akan kembali lagi ke forum ini. Terima kasih..
 25 Written by Andri, on 07-09-2011 00:43
Rizky, perbedaan waktu Osaka dan Jakarta adalah 2 jam lebih dulu, artinya kalau di jakarta jam 09.00, maka di Osaka jam 11.00, semoga bermanfaat
 26 Written by darmo, on 14-09-2011 12:35
om , bumi dibagi jadi berapa zona waktu sih ? mohon pencerahannya , thanks before
 27 Written by Yeye, on 14-09-2011 13:05
Darmo, kalau kamu menyimak salah satu paragraf di artikel di atas, jelas terlihat bahwa "Karena satu putaran bumi itu memakan waktu 24 jam, maka perbedaan waktu 1 jam adalah pada 360 derajat /24 = 15 derajat garis bujur. Artinya setiap tempat yang memiliki perbedaan posisi bujur sebesar 15 derajat akan memiliki perbedaan waktu 1 jam." 
 
Artinya : bumi itu dibagi menjadi 24 zona waktu, yang setiap zona lamanya 1 jam, dengan lebar setiap zona adalah 15 derajat
 28 Written by perdana, on 08-11-2011 14:22
saya bingung, kenapa wilayah GMT+0 berada di 345-0 derajat BB.. bukan di 0-15 derajat BT.. trimakasih.
 29 Written by yufwulds website, on 08-12-2011 00:35
mau tanya mas kalo perbedaan waktu antara taiwan-surabaya 2 jam tapi ko temanku nelpon dr taiwain kesurabaya beda sekal selisihx 6 jam sebenarnya yg benar itu yg mna sich aq jd pusing ma perbedaan watu jd kyk anak ga sekolah aj dech ,,,,,,,,,,,hehehehe
 30 Written by dellaseptikairianto, on 12-01-2012 07:32
dari mana gmt bisa mengambila potongan 0 derajat itu dimulai dari mana? atas pertimangan apa???
 31 Written by wawan kurniawan, on 13-03-2012 07:01
mau tanya: pas Tengah Hari di jakarta, jam berapa WIB. . . . trims.

Tulis Komentar Kamu
  • Harap memberi komentar yang berkaitan dengan isi artikel.
  • Penggunaan kata-kata kasar/tidak sopan akan dikoreksi atau DIHAPUS.
  • Jangan menyalin seluruh isi situs kamu kedalam komentar. Beberapa bagian akan dihilangkan.
  • Pastikan selalu me *Refresh* untuk menampilkan kode keamanan terbaru, sebelum kamu meng-klik tombol 'send'.
  • Perlu diingat bahwa proses tersebut diatas hanya diterapkan jika kamu mengalami kesulitan/gangguan dalam memasukkan kode keamanan.
Name:
E-mail
Homepage
BBCode:Web AddressEmail AddressBold TextItalic TextUnderlined TextQuoteCodeOpen ListList ItemClose List
Comment:

Code:* Code

Powered by AkoComment Tweaked Special Edition v.1.4.6
AkoComment © Copyright 2004 by Arthur Konze - www.mamboportal.com
All right reserved


Peluang Usaha Tiket Online,Klik Disini

LAPAK MAMA : Pesan apa? Mama antar yaaa....,Klik Disini

banner_88x31_hitam Selamat!, Kita telah mendapat penghargaan dari ICT-Watch,simak beritanya disini Internet Sehat

Increase Google Page Rank
Trimakasih kepada para Donatur yang telah menyampaikan Donasi nya. Seluruh Donasi Anda sepenuhnya digunakan untuk pengembangan situs ini.
Halo Anak Indonesia!
JELAJAH bocah.info
CERITA SEHARI HARI
Hubungi Kami
Kumpulan artikel
Berita
Rubrik
KOMENTAR KAMU
ANGKA ROMAWI
kalo pnulisan angka 30-03-1996 gimana ? soal.a pengen bua...
09/04/13 14:05 selengkapnya....
oleh... mbe loeank

BADAI PUNYA NAMA YANG INDAH LH...
[I]makasih sudah memberi ilmu bagi gue he,he[/I]
30/03/13 10:32 selengkapnya....
oleh... yunita

PRAJURIT TNI MENGHIBUR PELAJAR...
ayo semangat untuk mujahid yg akan datang semngat........
04/03/13 08:26 selengkapnya....
oleh... hermhan kurniawan

MELAYANG DI ANGKASA
berapa lama satelit masa kadaluasanya tiba, supaya dapat dig...
01/03/13 08:12 selengkapnya....
oleh... celo

PRESIDEN MEMBUKA LIGA PENDIDIK...
kpan lgii , d lanjutin LPInya .. udhh gk sbar niiyy .. kam...
10/02/13 15:42 selengkapnya....
oleh... Saiful Bakri

eXTReMe Tracker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Free counter and web stats Locations of visitors to this page
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from bocah.info. Make your own badge here.