Jan 19, 2019 at 06:13 AM
CERITA SEHARI HARI
Halo Anak Indonesia! arrow Rubrik arrow Sekolah arrow KENAPA SELALU JATUH ?
Share Answer Questions
 
KENAPA SELALU JATUH ? PDF Print E-mail
Written by bocah   
Nov 29, 2007 at 12:00 AM

IMG_0446 Kenapa kita jatuh ke “bawah” ?, atau jika kita melempar sesuatu selalu kembali ke “bawah” ?. Air terjun, terjun payung, kenapa semua ”jatuh” ke bawah?. Kalau kita berjalan, duduk, berdiri, tidur, mengapa semua benda di bumi ini ”lengket” ke permukaan lantai atau tanah. Mengapa tidak menempel di dinding rumah misalnya, atau di langit-langit, atau bahkan melayang ke segenap penjuru?

earth_kids Ada Gaya yang ”menarik” kita selalu menuju ke ”bawah”. Kamu juga tau khan bumi kita ini bulat. Tapi dimanapun kita berada di perukaan bola bumi, semua ”jatuh” ke ”bawah” , atau persisnya ke pusat bumi kita. Sehingga walaupun kita berada di bagian ”bawah” bola dunia, kita tidak akan ”jatuh” karena ada gaya yang arahnya menuju pusat bola bumi.

Gravity-748796 Gaya itu dinamai GRAVITASI. Yaitu gaya tarik menarik yang terdapat pada benda/partikel yang memiliki massa (=banyaknya materi yang terkandung dalam sebuah benda/partikel). Gaya Gravitasi terdapat pada semua benda, semakin besar massa benda tersebut, semakin besap pula gaya gravitasi yang ditimbulkannya, benda yang memiliki gaya gravitasi besar akan menarik benda yang memiliki gaya gravitasi kecil.

IsaacNewton Dalam ilmu pengetahuan, kita mengenal bapak gravitasi yaitu Issac Newton. Beliau terkenal karena berhasil merumuskan hukum Gravitasi, yang dikenal dengan Hukum Gravitasi Universal NEWTON.

Diri kamu juga adalah sebuah ”benda” yang memiliki gaya gravitasi, tapi mengapa pulpen, buku, atau benda-benda kecil di sekeliling kamu tidak menempel pada tubuh kamu? Ah tentu saja, karena gaya tarik tubuh kamu ”kalah” oleh gaya tarik bumi yang kita diami ini, sehingga benda-benda kecil itu lebih mudah tertarik oleh gaya gravitasi bumi daripada oleh gaya gravitasi diri kamu.

 

gravityForce Bumi kita merupakan bola yang sangat besar, sehingga bumi memiliki gaya gravitasi yang dapat menarik segala benda yang berada di dekatnya (rumah, manusia, batu, binatang, bahkan juga bulan dan satelit yang mengelilingi bumi kita).

Matahari yang lebih besar lagi dari bumi juga memiliki gaya gravitasi yang juga membuat planet-planet --termasuk bumi kita—tidak ”kabur” melainkan tetap mengelilinginya.

air-breathing-rocket Burung, Balon udara, Pesawat terbang, roket, adalah benda yang memiliki gaya lain yang dapat ”melawan” gaya gravitasi, sehingga mereka bisa ”lepas” tidak tetap lengket pada permukaan bumi.***

(dari berbagai sumber)

(sumber gambar : istimewa)


E-mail

  Komentar kamu (8)
RSS comments
 1 Written by Lidia, on 12-01-2009 16:19
artikelnya yg aku baca kan gaya gravitasi bumi .. bagus sih dan gampang dimengerti tapi kurang keuntungan dan kerugiannya .. ;)
 2 Written by nurazizah, on 04-10-2009 03:21
artikel'a menarik! 
kita menjadi lebih mengerti tentang gravitasi,,
 3 Written by WULAN, on 06-10-2009 11:44
ARTIKELNYA MENARIK KARENA DISERTAI DENGAN GAMBAR-GAMBAR SEHINGGA TIDAK MEMBOSANKAN,CUMA SARAN AJA...GIMANA KLO LEBIH BANYAK LAGI MEMBAHAS FENOMENA SEHARI-HARU YANG BERHUBUNGAN DENGAN GRAVITASI DAN DIBERI GAMBAR SIMULASI...TETAP KREATIF
 4 Written by pungki, on 08-01-2011 03:26
tank's berat 
artikelnya sangat berguna unt anaku
 5 Written by ica, on 06-02-2011 05:21
ya bagus-, 
bagus emang tp tulisannya di besarin dongggg
 6 Written by Innos, on 11-04-2011 09:58
pertanyaan nih...apa yg menyebabkan gaya gravitasi? Pd artikel lain disebutkan krn adanya medan magnet. By logic spt apa ya? Mudah2an punya jawaban yg v. simple.
 7 Written by Junaidy, on 12-04-2011 01:09
Hai Innos, Gaya gravitasi bukanlah medan magnet, karena magnet hanya menarik benda-benda yang terbuat dari logam. Gaya gravitasi adalah gaya tarik terhadap semua benda yang memiliki massa, yang berlaku pada setiap benda.
 8 Written by syifa hulina tarigan website, on 19-05-2011 14:18
makasih banget ya! aku susah nyari gaya gravitasi bumi di wikipedia dan source lainnya, kata2nya susah dimengerti! sekali baca artikel ini, wuihhh... ngerti! thank' you koran anak indonesia!

Tulis Komentar Kamu
  • Harap memberi komentar yang berkaitan dengan isi artikel.
  • Penggunaan kata-kata kasar/tidak sopan akan dikoreksi atau DIHAPUS.
  • Jangan menyalin seluruh isi situs kamu kedalam komentar. Beberapa bagian akan dihilangkan.
  • Pastikan selalu me *Refresh* untuk menampilkan kode keamanan terbaru, sebelum kamu meng-klik tombol 'send'.
  • Perlu diingat bahwa proses tersebut diatas hanya diterapkan jika kamu mengalami kesulitan/gangguan dalam memasukkan kode keamanan.
Name:
E-mail
Homepage
BBCode:Web AddressEmail AddressBold TextItalic TextUnderlined TextQuoteCodeOpen ListList ItemClose List
Comment:

Code:* Code

Powered by AkoComment Tweaked Special Edition v.1.4.6
AkoComment © Copyright 2004 by Arthur Konze - www.mamboportal.com
All right reserved


Peluang Usaha Tiket Online,Klik Disini

banner_88x31_hitam

jadwal-sholat

Selamat!, Kita telah mendapat penghargaan dari ICT-Watch,simak beritanya disini Internet Sehat

Increase Google Page Rank
Trimakasih kepada para Donatur yang telah menyampaikan Donasi nya. Seluruh Donasi Anda sepenuhnya digunakan untuk pengembangan situs ini.
Halo Anak Indonesia!
JELAJAH bocah.info
CERITA SEHARI HARI
Hubungi Kami
Kumpulan artikel
Berita
Rubrik
KOMENTAR KAMU
ANGKA ROMAWI
kalo pnulisan angka 30-03-1996 gimana ? soal.a pengen bua...
09/04/13 14:05 selengkapnya....
oleh... mbe loeank

BADAI PUNYA NAMA YANG INDAH LH...
[I]makasih sudah memberi ilmu bagi gue he,he[/I]
30/03/13 10:32 selengkapnya....
oleh... yunita

PRAJURIT TNI MENGHIBUR PELAJAR...
ayo semangat untuk mujahid yg akan datang semngat........
04/03/13 08:26 selengkapnya....
oleh... hermhan kurniawan

MELAYANG DI ANGKASA
berapa lama satelit masa kadaluasanya tiba, supaya dapat dig...
01/03/13 08:12 selengkapnya....
oleh... celo

PRESIDEN MEMBUKA LIGA PENDIDIK...
kpan lgii , d lanjutin LPInya .. udhh gk sbar niiyy .. kam...
10/02/13 15:42 selengkapnya....
oleh... Saiful Bakri

eXTReMe Tracker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Free counter and web stats Locations of visitors to this page
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from bocah.info. Make your own badge here.