Nov 25, 2014 at 09:37 PM
CERITA SEHARI HARI
Halo Anak Indonesia! arrow Rubrik arrow Sekolah arrow ANGKA ROMAWI
Share Answer Questions
 
ANGKA ROMAWI PDF Print E-mail
Written by bocah   
Dec 25, 2007 at 12:00 AM

128966030_23c1106148 Tentu kamu sudah terbiasa membaca angka arab (demikian orang di seluruh dunia menyebutnya, karena memang bangsa arab lah yang pertama kali memperkenalkannya), 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10. Tapi pernahkah kamu tau tentang angka romawi? Coba deh lihat susunan angka yang ada di angka bab buku, nama blok jalan, atau di beberapa angka jam/arloji, I,II,IX, dan sebagainya.

Bagaimana cara membaca angka romawi? Bagaimana aturan dalam angka romawi? Bagaimana penggunaan angka romawi dalam bahasa Indonesia?

 Angka romawi tersusun dari tujuh angka dasar berurut dari yang paling kecil yaitu I (1), V (5), X (10), L (50), C (100), D (500), M (1000), selanjutnya untuk angka-angka yang besar penambahan garis di atas angka romawi tersebut berarti penambahan tiga nol (misal M dengan garis di atasnya bernilai 1.000.000)

Ketentuan pada angka romawi diantaranya :

  1. Angka romawi adalah angka yang disusun berurutan, dan menyatakan tingkatan yang semakin besar, I, II, III menyatakan 1, 2, 3, dan seterusnya
  2. Tidak ada 4 urutan kombinasi angka romawi yang sama, misal IIII, XXXX, atau MMMM
  3. Angka romawi yang lebih kecil akan berfungsi menambah, jika di letakkan di sebelah kanan angka lainnya : II berarti 1 + 1 = 2; VI berarti 5 + 1 = 6 ; XII berarti 10+1+1 = 12
  4. Angka romawi yang lebih kecil akan berfungsi mengurangi, jika diletakkan di sebelah kiri angka lainnya (hanya diperbolehkan satu angka kecil di sebelah kiri angka lainnya!) : IV berarti 5 – 1 = 4; IX berarti 10 – 1 = 9; tidak ada IIV, atau CCM dalam aturan angka romawi.
  5. Dalam deretan angka romawi yang panjang yang mengandung beberpa kombinasi angka romawi, setiap angka kecil selalu mengurangi angka yang di sebelah kanannya; MCMXLV berarti 1000 + (1000 – 100) + ( 50 -10) + 5 = 1945
  6. Sekali lagi angka romawi adalah angka yang disusun berdasarkan urutan, sehingga walaupun secara kaidah-kaidah di atas tapi tetap tidak lazim berlaku kdalam angka romawi : VL secara kaidah berarti 50 – 5 = 45, namun dalam angka romawi yang lazim adalah XLV karena angka sebelumnya dalam orde “40” adalah XL, XLI, XLII, XLIII, XLIV, XLV; begitu juga dengan angka IC secara kaidah berarti 100 – 1 = 99, namun yang lazim dalam angka romawi adalah XCIX karena angka sebelumnya dalam orde “90” adalah XC,XCI,… XCVIII, XCIX.

roman_numerals_complete Menurut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) penggunaan angka Romawi dalam berbahasa Indonesia yaitu : Sebagai penomoran alamat rumah,misal Jalan Matahari V nomer 21; bab dalam buku, misal bab XX halaman 40; menyatakan tingkatan, misal Abad XXI >> Abad ke-21 >> Abad kedua puluh satu.

Oh ya kalau kamu juga bisa menggunakan software spreadsheet (openoffice, excel) untuk membuat angka romawi caranya adalah, jika kamu ingin tahu angka romawi dari 45, maka kamu harus ketik formula berikut : =ROMAN(45), maka akan menghasilkan XLV. Namun cara ini hanya bisa membantu tidak lebih dari angka 3999.

Bagaimana? Apakah kamu merasa bingung?, coba sekarang berlatih menerjemahkan angka romawi seperti MMVII, MDCLXVI, atau bisakah kamu menulis angka romawi dari angka berikut 437, 727, 1925. Kalau kamu bingung, coba tanyakan guru kamu di sekolah deh.***

(dari berbagai sumber)

(foto :istimewa) 


E-mail

  Komentar kamu (45)
RSS comments
 1 Written by hanny, on 27-03-2009 13:25
tolong kasih tau angka romawi uantuk 5000 dan 10000. gimana penulisannya
 2 Written by b0cah, on 28-03-2009 02:14
buat #1, seperti yang kamu baca di artikel di atas, bahwa penambahan satu garus lurus di atas lambang angka romawi, artinya menambah tiga angka nol '000' di belakang nilai tersebut. 
 
Sepeti yang kamu tanyakan bagaimana angka romawi 5000 yaitu V dengan satu garis diatasnya. Begitu juga dengan 10.000, yaitu X dengan satu garis diatasnya. 
 
Ada rekan b0cah yang punya pendapat lain?
 3 Written by Seihiro website, on 29-03-2009 09:39
Oh jadi penulisannya begini ya...
 4 Written by ayya, on 21-05-2009 01:30
knp kok 1 tu I, 
5 tu V, 10 tu X dst 
da yg tau??
 5 Written by noor imoet website, on 04-06-2009 02:24
mnrt saya jika dsbt angka romawi apakah itu dari kebangsaan romawi yg bkn dari Indonesia
 6 Written by saskia imoet ' target='_blank'>website, on 09-11-2009 10:27
hmmmm..... apa angka romawi cuma sampe 1000
 7 Written by Fadli, on 09-03-2010 11:53
ka giman sih tulisan romawi nya 378 ?
 8 Written by noname, on 24-03-2010 12:20
manfaatnya apa sih???
 9 Written by Diana Handayani website, on 27-04-2010 11:45
Lambang bilangan asli MDX
 10 Written by bagas, on 29-04-2010 12:37
400
 11 Written by yudi, on 22-05-2010 13:13
Untuk angka 5000 romawi gimana ya,ada yg bilang J. 
Thanks in advance
 12 Written by D3pd website, on 20-08-2010 08:19
Terima kasih banyak...salam
 13 Written by dian ismail website, on 24-08-2010 02:32
bagus saya suka
 14 Written by hartoyo, on 20-09-2010 11:57
aku mau tanya!!!kaLo penulisan tuk 1985 gimana!!!! 
thank's!!!
 15 Written by Hartoyo, on 20-09-2010 12:25
1 Lagi!!!tuk penuLisan angka Romawi apa ada tanda pembatasan misaL ; 5 - 6 - 1986,
 16 Written by adit, on 20-09-2010 12:38
Eh haryo, angka romawi untuk 1985 adalah M,untuk 1000;CM,untuk 900;LXXXV,untuk 85 jadi MCMLXXXV,gampang kan?
 17 Written by Danu Swit Jeom website, on 20-02-2011 03:31
Tengkyu
 18 Written by jessica erika nanda website, on 22-02-2011 11:54
di manakah angka romawi 90.000,00 itu berarda, saya sudah mencari ke mana2x selurih internet yang ada di dlm internt sy sndr.
 19 Written by dita, on 24-02-2011 13:51
kalo XIVI itu brpa y?? 
blz y.. 
maksi..
 20 Written by tripurnawan website, on 02-03-2011 12:47
oke banget dehhhhhh
 21 Written by jihan wahid website, on 09-03-2011 01:10
klo MXMXCC TU brapa yah  
jwb ???
 22 Written by dion, on 14-03-2011 11:57
kalo XMCDXL itu berapa sih ? 
_
 23 Written by warjan website, on 16-03-2011 02:45
bagaimana menulis angka romawi 5000
 24 Written by zakir, on 16-03-2011 02:50
5000 ditulis sebagai V dan diberi satu garis di atasnya, satu garus di atas angka romawi menunjukkan angka itu di kali 1000
 25 Written by Putra boy, on 27-03-2011 14:07
cara penulisan angka romawi 4994 seperti apa ya
 26 Written by Triza website, on 13-04-2011 15:04
om.gimana?? saya bingung klo bil. romawi  
999 
99 
1999 
itu penilisannya bagaimana?? 
ada sebagian orang bilang 
99 = IC 
dan sebagiannya membilang 
99 = XCIX 
trus 1998 itu gimana?? 
sebagian orang bilang 
1998 = IIMM 
dan sebagiannya membilang 
1998 = MCMXCVIII
 27 Written by Tri, on 14-04-2011 01:46
Untuk Triza, sebagian kebingungan kamu sudah ada tuh jawabannya di artikel di atas, sudah di baca belum?
 28 Written by Teresa, on 14-04-2011 09:56
Tulisannya angka 5000 gimana sich ?????  
AKU JADI BINGUNG NGERJAIN PR MATEMATIKA !!!
 29 Written by Tri, on 14-04-2011 10:00
Nah, ini lagi Teresa, kok kayaknya kamu enggak baca deh artikelnya, kayaknya banyak sekali ya teman-teman yang hanya ingin dapat jawaban mudah tanpa mau memahami dulu. 
 
Baca dan pahami, bukankah hal seperti ini didapatkan di bangku sekolah juga?
 30 Written by agatha website, on 21-04-2011 04:59
klo bilangan romawi 876.239 apa?
 31 Written by Triza, on 28-04-2011 07:30
Gak ada tuh pliss donk serius
 32 Written by rio, on 02-05-2011 03:52
kalau penulisan tahun gimana ya ? misalnya 2011 . angka 0 nya dipakai atau tidak ?
 33 Written by arif website, on 06-05-2011 14:54
gimana sih cara nya belajar romawi
 34 Written by suntoro, on 07-05-2011 01:06
Rio, kalau angka romawi dari 2011 ya jangan di susun angka nya satu persatu donk. 
2011 kan terdiri dari 2000 + 11. Jadi 2000 angka romawinya MM, lalu 11 angka romawinya XI, maka 2011 angka romawinya MMXI. 
 
Buat arif, kalau kamu bingung belajarnya, coba aja langsung pake excel seperti yang ada di tulisan di atas. Ketik aja di excel ROMAN(5), maka kamu akan mendapat jawabannya muncul V.
 35 Written by ahmas website, on 24-05-2011 01:53
saya mau tau cara penulisa 1987 gmana trima kasih
 36 Written by nauval, on 24-05-2011 02:00
gampang sekali 1987 itu romawinya MCMLXXXVII
 37 Written by akhmad, on 05-11-2011 08:41
bagaimana sih cara penulisan angka 1996 thnx
 38 Written by Dicky, on 18-01-2012 02:05
Kalo CXLIX,XXXIX, 
XCVIII,DX,DCL,MMC apa ya ?? 
tolong dong jelasin 1 persatu
 39 Written by nisa website, on 30-03-2012 13:29
bagus jadi sekarang aku ngerti
 40 Written by aqsa, on 16-05-2012 09:07
Untuk Fadli, penulisan romawi dari 378 adalah CCCLXXVIII. Semoga membantu ya
 41 Written by adit, on 30-05-2012 11:51
kk klo penulisan angka 7394 gimana ya??
 42 Written by Aura website, on 24-09-2012 08:57
Makasih Ya Angka Romawi Nya... :D
 43 Written by Stivanie, on 08-11-2012 08:54
kak klo penulisan angka romawi dari 5325 , 3938, 1485 ?
 44 Written by Abi, on 09-11-2012 00:33
Stivanie, 5325=VCCCXXV (V yang pertama ada satu garus di atasnya); 3938=MMMCMXXXVIII; 1485=MCDLXXXV
 45 Written by mbe loeank, on 09-04-2013 14:05
kalo pnulisan angka 30-03-1996 gimana ? 
 
soal.a pengen buat tatto

Tulis Komentar Kamu
  • Harap memberi komentar yang berkaitan dengan isi artikel.
  • Penggunaan kata-kata kasar/tidak sopan akan dikoreksi atau DIHAPUS.
  • Jangan menyalin seluruh isi situs kamu kedalam komentar. Beberapa bagian akan dihilangkan.
  • Pastikan selalu me *Refresh* untuk menampilkan kode keamanan terbaru, sebelum kamu meng-klik tombol 'send'.
  • Perlu diingat bahwa proses tersebut diatas hanya diterapkan jika kamu mengalami kesulitan/gangguan dalam memasukkan kode keamanan.
Name:
E-mail
Homepage
BBCode:Web AddressEmail AddressBold TextItalic TextUnderlined TextQuoteCodeOpen ListList ItemClose List
Comment:

Code:* Code

Powered by AkoComment Tweaked Special Edition v.1.4.6
AkoComment © Copyright 2004 by Arthur Konze - www.mamboportal.com
All right reserved


Peluang Usaha Tiket Online,Klik Disini

LAPAK MAMA : Pesan apa? Mama antar yaaa....,Klik Disini

banner_88x31_hitam Selamat!, Kita telah mendapat penghargaan dari ICT-Watch,simak beritanya disini Internet Sehat

Increase Google Page Rank
Trimakasih kepada para Donatur yang telah menyampaikan Donasi nya. Seluruh Donasi Anda sepenuhnya digunakan untuk pengembangan situs ini.
Halo Anak Indonesia!
JELAJAH bocah.info
CERITA SEHARI HARI
Hubungi Kami
Kumpulan artikel
Berita
Rubrik
KOMENTAR KAMU
ANGKA ROMAWI
kalo pnulisan angka 30-03-1996 gimana ? soal.a pengen bua...
09/04/13 14:05 selengkapnya....
oleh... mbe loeank

BADAI PUNYA NAMA YANG INDAH LH...
[I]makasih sudah memberi ilmu bagi gue he,he[/I]
30/03/13 10:32 selengkapnya....
oleh... yunita

PRAJURIT TNI MENGHIBUR PELAJAR...
ayo semangat untuk mujahid yg akan datang semngat........
04/03/13 08:26 selengkapnya....
oleh... hermhan kurniawan

MELAYANG DI ANGKASA
berapa lama satelit masa kadaluasanya tiba, supaya dapat dig...
01/03/13 08:12 selengkapnya....
oleh... celo

PRESIDEN MEMBUKA LIGA PENDIDIK...
kpan lgii , d lanjutin LPInya .. udhh gk sbar niiyy .. kam...
10/02/13 15:42 selengkapnya....
oleh... Saiful Bakri

eXTReMe Tracker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Free counter and web stats Locations of visitors to this page
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from bocah.info. Make your own badge here.