Aug 21, 2014 at 05:10 PM
CERITA SEHARI HARI
Halo Anak Indonesia! arrow Rubrik arrow Teknologi arrow BALON GAS
Share Answer Questions
 
BALON GAS PDF Print E-mail
Written by bocah   
May 16, 2008 at 12:00 AM

balloonridesSUKA sama balon gas? Apa bedanya sengan balon biasa? Kenapa balon gas bisa ”terbang” ke angkasa? Digunakan untuk apa saja balon gas itu? Bagaimana cara supaya balon gas bisa ”terbang” tinggi?

Balon gas diisi oleh gas yang lebih ”ringan” dari ”udara”, oleh karena itu jika gas yang ”lebih ringan” itu ”dikumpulkan dalam ”wadah” balon, maka ”udara ringan” plus wadah (balon) nya tentu akan naik tinggi di udara.

Konon balon pertama kali diciptakan oleh bangsa Aztec, yang membuat balon dari usus besar kucing sebagai bahan persembahan bagi dewa mereka. Beberapa literatur menyebutkan bahwa balon jaman dahulu memang dibuat dari bagian dalam binatang seperti usus, kandung kemih.

IMG_0581Gas yang lebih ringan ini diantaranya Hidrogen, namun karena hidrogen mudah terbakar maka digunakan gas Helium, dan harganya memang lebih mahal, namun aman.

Tukang Balon gas kerap menggunakan campuran karbit dan air yang menghasilkan gas Asitilen, yang biasanya digunakan untuk megelas. Gas ini juga berbahaya dan mudah terbakar.

Hindenburg.2-1Sejarah balon telah digunakan untuk alat transportasi. Yang terkenal adalah balon udara Zeppelin, yang pertama mengudara tahun 1900 dan terbakar pada tahun 1937, yang dikenal sebagai Musibah Hindenburgh. Perlu kamu ketahui bahwa kebakaran balon Zeppelin itu bukan sepenuhanya dipicu oleh gas Hidrogen yang dikandungnya, namun oleh bahan mudah terbakar lainnya yang melapisi katun agar tahan air (asetata selulosa, dan bubuk aluminium). Saat itu cuaca buruk, dan balon banyak mengandung listrik statis, sewaktu "jangkar" mengenai bumi, timbullah percikan api yang "menyulut" bahan kulit yang mudah terbakar itu. 

Balon gas juga digunakan sebagai alat pemantau cuaca, dan kini banyak digunakan juga untuk Iklan. Juga sebagai wahana wisata untuk melihat-lihat keindahan alam.***

(dari berbagai sumber)

(foto istimewa)


E-mail

  Komentar kamu (43)
RSS comments
 1 Written by mon sahureka, on 24-05-2008 23:54
bagi mana cara membuat balon gas dengan soda api... bahan-bahan dan komposisinya... tolong ya.. saya pengangguran pingin usaha
 2 Written by wina, on 19-06-2008 10:04
wah.....isinya salah. bukan gas acetylen dari karbit, tapi gas hydrogen yang dihasilkan dari campuran alluminium serbuk dan caustic soda. gas acetylen lebih berat dari udara bok....
 3 Written by b0cah, on 19-06-2008 12:12
anda betul!! Asitilen (C2H2), dikenal sebagai gas karbit, biasa digunakan untuk mengelas, atau juga untuk "ngarbit" (istilah untuk mematangkan buah-buahan yang belum waktunya). Menurut pengamatan b0cah, memang tukang balon gas nampak juga memasukkan potongan-potongan tube aluminium bekas odol (pasat gigi lama), disamping karbit dan air. 
Oh ya mengenai gas asitilen lebih berat dari udara, menurut literatur b0cah, massa jenis asitilen adalah 1,0967 kg/m3 sementara massa jenis udara umumnya dalah 1,23 kg/m3 (massa jenis air/water adalah 1000 kg/m3), artinya, gas asitilen masih lebih ringan dari udara. 
Barangkali ada pembaca yang memiliki pendapat lain?
 4 Written by Tung Desem Warsono, on 23-06-2008 04:29
To: mon sahureka, saya salut dengan keinginan Anda untuk berusaha. Teruslah maju pantang menyerah. 
 
Saya punya usul usaha untuk Anda terkait balon2an, yaitu membuat balon2an, dengan modal ember plastik, sampo sachet-an, lidi, karet gelang dan botol bekas air mineral. 
 
Proses produksi: 
- masukkan air sampai 3/4 ember, dan masukkan sampo beberapa sachet secukupnya; 
- aduk hingga rata; 
- masukkan ke dalam botol bekas air mineral kira2 3/4 tinggi botol; 
- potong2 lidi kira-kira 20 cm; 
- ikat karet gelang pada ujung lidi; 
- paketkan satu botol dengan satu lidi (bisa diikat dengan karet gelang yang lain); 
- produksi siap. 
 
Bisnis 
- peluang bisnisnya cukup luas, Anda bisa mulai menjualnya di SD-SD terdekat, pangsa pasar Anda adalah anak-anak kelas 1 dan 2; 
- bisa juga di dekat TK, tapi masalahnya anak2 TK biasanya dijemput orang tua, jadi mungkin akan menjadi sedikit kendala dalam penjualan; 
- hati-hati terhadap gangguan bisnis yang berpotensi menghambat, seperti Tramtib, preman kampung setempat, dll. 
 
Akhir kata saya mengucapkan: SELAMAT MENCOBA dan SALAM DAHSYAT!!!
 5 Written by kuclukmania website, on 04-07-2008 04:55
untuk mon sahureka, dulu saya pernah berbincang2 dengan bapak penjual balon gas yang bisa terbang. persisnya shubuh2 di jalan gegerkalong - sarijadi Bandung 
 
menurut beliau bahan2nya adalah sbb: 
1. Soda Api secukupnya 
2. Kaleng bekas minuman bersoda dari alumanium secukupnya yang sudah dinjek2 atau dibikin padat. 
3. air secukupnya 
4. tabung gas yang bertutup khusus untuk balon 
 
caranya : 
 
1. Masukan air, Kaleng, soda api, kedalam tabung gas 
2. Tutup rapat2 
 
Penggunaan 
 
1. Liat di tukang balon aja hehehehe 
 
==semoga bermanfaat==
 6 Written by b0cah, on 04-07-2008 05:05
trimakasih atas berbagai masukannya, sebagai bahan ilustrasi, kami susulkan foto "tabung" yang lazim digunakan oleh tukang balon gas, semoga bisa menginspirasi.
 7 Written by wawan, on 07-04-2009 14:26
mon,gua udah tanya2 ditukang balon. 
bahan2nya: 
1.serbuk alluminium 
2.soda api 
3.air 
komposisi nya 2 bagian alluminium 1 bagian soda api,misalnya 1kg alluminium dcampur 1/2 kg soda api,rencana besok mau dicoba karena masih ragu info tsb,jgn2 tukang balonnya takut disaingi.kalo loe berhasil kbr in aku ya........... 
semoga kita bisa berhasil!!!!!!!!!!
 8 Written by Hermawan, on 18-05-2009 02:06
Kalo gw kadang ngayal gimana yaa caranya bikin gas yg bisa lebih ringan dari hidrogen ato helium? Kemudian dijadikan gas untuk mengisi baju (macam pelampung) untuk terbang di angkasa.. 
Ntar tinggal sepatu diberi pendorong jet/kipas untuk bergerak maju.. 
 
Hmm.. ngayal emang sih.. :D 
tapi keren kali.
 9 Written by b0cah, on 18-05-2009 02:11
buat #8, wah ide kamu boleh juga, coba deh sesekali kamu tulis gagasan kamu, nanti b0cah akan memuat tulisan kamu.. coba deh, b0cah tunggu ya
 10 Written by Ika, on 25-07-2009 17:28
Nah ini saya mau bagi ilmu sedikit pada kalian buat yg ingin buat balon gas yang sederhana tapi bermanfaat. 
Sediakan kantung plastik, unt ukurannya kira2x yang biasanya buat kemasin beras 10Kg. 
Nah.. siapkan 50 orang dikampung, suruh kentut 1 per 1, dan isi kantung plastik tsb dengan gas kentut ke 50 orang tsb. Setelah selesai, tutup rapat2x plastik tsb yg sudah terisi gas kentut ke 50 orang tsb. Dan plastik siap diledakan dengan cara menepuk atau memukulnya dengan keras2x... nah skr kalian akan siap terbang di awan2x.. hehheee
 11 Written by eko, on 15-10-2009 15:12
bos kalo nyari gas helium dijakarta dimana yah, thanks
 12 Written by Surround website, on 14-11-2009 04:11
To: mon, Bener apa yg dikatakan k.mania , formulax emang bener, sy sudah pernah coba sendiri hasilx ok, karna kebetulan di t4 perusahaaanq kerja bahan2 tersebut ada, cuman sekedar mengingatkan jangan kelebihan costik soda, bisa berbahaya dpt meledak, sebelumx harus lakukan pengujian agar lebih aman, selamat mencoba.
 13 Written by Yadis, on 26-11-2009 02:20
Nih gwe punya pengalaman masalah kntut. Kalo loe pengen kentut. Coba loe jongkok dengan paha terbuka, ketika kentut keluar langsung sulut pake korek api. Apa yang terjadi ? Coba aja praktekin
 14 Written by Upupa website, on 29-11-2009 02:46
Bagus2,beginilah seharusnya diskusi
 15 Written by erya, on 05-12-2009 22:38
sy pernah buat balon gas dari plasti yang ukurannya 2x3 meter yang di dorong oleh bola api yang ditaruh dibawahnya bisa terbang kurang lebih 1 jam
 16 Written by vinaaprilia website, on 06-12-2009 13:19
aku suka sama balon gas,aku kira semua itu gak akan bisa terbang.ternyata gas bisa mengalahkan gaya gravitasi bumi
 17 Written by tri, on 19-05-2010 03:08
mau tanya bagaimana membuat efek aap warna warni,,,yang aman
 18 Written by masmix, on 23-05-2010 15:15
Mau tanya nih...kalo gak pake tabung gimna ya?umpama di ganti dengan botol mineral karna hanya untuk bikin stu balon aja...kalo tiap hari harus beli balon...gak punya duit bos...anakkku tiap hari minta agar balonnya isa terbang..mohon petunjuknya...bisakah diganti dengan gas elpiji...mohon balsannya yya
 19 Written by M.RAMADAN website, on 22-07-2010 08:24
SAMA KADA TAU
 20 Written by hartojo, on 23-08-2010 04:29
 
Mohon bantuan info , kalau mau beli gas Helium itu dimana ya? terima kasih
 21 Written by bocah.info, on 23-08-2010 04:47
buat #20, mohon maaf bocah.info tidak mungkin menyebutkan nama produsen atau penyedia gas helium disini, namun kamu dapat memperolahnya dengan mudah dengan mencarinya di search engine, coba deh. 
Atau ada rekan bocah lain yang bisa membantu?
 22 Written by ady l fiuz, on 07-09-2010 14:13
gimmana caranya membikin balon udara kecil-kecilan yang sperti zeplin...tapi sangat mini
 23 Written by Toko Gas Helium, on 13-09-2010 06:54
Gas Helium dpt dibeli di penjual gas Helium di toko2 terdekat kesayangan anda. Harga nya juga murah, dibandingkan dgn memproduksi sendiri.
 24 Written by oke, on 04-10-2010 00:42
kalau ingin beli gas helium hubungin aja ke 082111027022 / 085693686686
 25 Written by mallisa website, on 11-10-2010 02:13
bisakah gas helium dibawa dlm botol kecil di pesawat terbang ? brp harga per liter.
 26 Written by yonna, on 02-11-2010 17:12
mw nxa nhe,,, 
appakah balon yg diisi dg gas helium akan naik hingga tak terhingga di udara?? trs tlong jelasin yea,,, 
thx b4..
 27 Written by robet, on 11-12-2010 13:44
mohon bantuanya untuk campuran soda api/ karbit untuk membuat balon bisa terbang. ty
 28 Written by arif, on 21-12-2010 13:25
kalau mau buat tabung balon gas itu di manaya
 29 Written by studio2, on 25-04-2011 01:04
ternyata bnyak jg yang penasaran ma bahan yg bikin balon ajaib ini terbang, hehe.... 
kbetulan aku brusan maen ke rumah tmen dan dipamerin alat dan bahanya. mang betul bhanya almunium(plat/batangan/sembarang bungkus yg ada foilny + soda api + air) perbandingan 2:1:2 
khusus bahan bekas berfoil yg mengandung plastik harus dibakar dulu ampe foilnya doang yg tersisa, baru ke3 komposisi dimasukkan ke tabung yg bisa anda pesen ditukang laz. thx bagi2 ilmunya
 30 Written by agri, on 28-04-2011 12:20
wah bagus nih, kebetulan saya sedang pengembangan drone. trims info b0cah,,
 31 Written by ahmad, on 30-04-2011 15:09
wah we msh binun mslh takaran n komposisi bahan bhn na nech??????jelasin dumz 
thanks b 4!!!!
 32 Written by ariev, on 13-05-2011 13:39
mau nanya...apakah balon d isi gas asitelin bisa terbang jga??? 
tanpa menggunakan serbuk/potongan alumunium 
mohon d jawab ya.... :-)
 33 Written by prof, on 31-05-2011 04:51
bagaimana cara membuat balon udara yang seperti di panai ancol?
 34 Written by lik hari, on 28-06-2011 05:40
tolong juragan bagaimana bahayanya balon hidrogen, apakah artinya kalau balon kena korek api akan leleh dan meledak ??? atau dalam proses pembuatannya, atau ada hal yang lain. thank juragan
 35 Written by ichi_rizky, on 18-07-2011 12:56
maav mo tanya, gmn kalau bikin balon terbang tapi ga ada tabung balonnya? apakah ada alternatif lain yang lebih sederhana selain tabung itu,yang mudah di dpt? tolong d jawab ya, thanks..
 36 Written by priyayi, on 08-09-2011 21:02
Sy butuh balon udara yg cukup besar utk media promo(diameter 2m, tinggi 7m), tp modelnya cukup rumit, shg akan menyebabkan banyaknya sambungan/jahitan; dan karena akan dipasang diudara terbuka dlm waktu lama, berarti jg hrs tahan air. material apa yg paling bagus utk bikin wadah gas helium, shg tdk bocor? bisa pake semacam terpal, ga? apa bekas jahitan harus diberi lapisan tertentu spy kedap udara? tx
 37 Written by Bunda, on 11-09-2011 01:33
Buat Toko Gas Helium.. dimana ya posisinya.. saya dari malang apa bisa dikirim ke tempat saya...??
 38 Written by yusli, on 20-10-2011 00:52
almunium bisa di buat dari bekas grenjeng rokok yang biasanya berwarna kuning atau putih dengan di bakar terlebih dahulu sehingga bisa terpisah dari kertasnya... untuk soda api bisa dibeli di toko bangunan.
 39 Written by de, on 02-11-2011 09:58
kl gas helium beli di mana ya?
 40 Written by david, on 07-11-2011 06:15
salam kreatif/...... 
maaf sebelumnya saya tertarik membaca hal2 mengenai balon terbang.  
setelah saya praktek dengan unsur2 yang sudah tersebut di atas ternyata masih belu berhasil... 
misal soda api + alumunium ,tidak bereaksi kimia yang hingga menimbulkan gas.jadi alhasil balon masih belom bisa terbang.. saya praktek pake botol plastik.... mohon saran para master - master agar balon bisa terbang / lebih ringan dari udara .. bagaimana yah ? 
terimakasih atas info ilmu nya. 
 41 Written by Micheal Tan, on 09-12-2011 04:08
Saya perlu informasi di mana saya bisa beli Helium dalam bentuk kaleng kecil. Saya ingin isi Helium utk balon waktu ultah anak saya di rumah. Thanks sebelumnya
 42 Written by azizvizay, on 22-12-2011 05:12
berapa harga tabung gas tersebut yaaaa???
 43 Written by dodik, on 22-06-2012 00:43
Alminium foil dimana bisa di dapatkan,,,?

Tulis Komentar Kamu
  • Harap memberi komentar yang berkaitan dengan isi artikel.
  • Penggunaan kata-kata kasar/tidak sopan akan dikoreksi atau DIHAPUS.
  • Jangan menyalin seluruh isi situs kamu kedalam komentar. Beberapa bagian akan dihilangkan.
  • Pastikan selalu me *Refresh* untuk menampilkan kode keamanan terbaru, sebelum kamu meng-klik tombol 'send'.
  • Perlu diingat bahwa proses tersebut diatas hanya diterapkan jika kamu mengalami kesulitan/gangguan dalam memasukkan kode keamanan.
Name:
E-mail
Homepage
BBCode:Web AddressEmail AddressBold TextItalic TextUnderlined TextQuoteCodeOpen ListList ItemClose List
Comment:

Code:* Code

Powered by AkoComment Tweaked Special Edition v.1.4.6
AkoComment © Copyright 2004 by Arthur Konze - www.mamboportal.com
All right reserved


Peluang Usaha Tiket Online,Klik Disini

LAPAK MAMA : Pesan apa? Mama antar yaaa....,Klik Disini

banner_88x31_hitam Selamat!, Kita telah mendapat penghargaan dari ICT-Watch,simak beritanya disini Internet Sehat

Increase Google Page Rank
Trimakasih kepada para Donatur yang telah menyampaikan Donasi nya. Seluruh Donasi Anda sepenuhnya digunakan untuk pengembangan situs ini.
Halo Anak Indonesia!
JELAJAH bocah.info
CERITA SEHARI HARI
Hubungi Kami
Kumpulan artikel
Berita
Rubrik
KOMENTAR KAMU
ANGKA ROMAWI
kalo pnulisan angka 30-03-1996 gimana ? soal.a pengen bua...
09/04/13 14:05 selengkapnya....
oleh... mbe loeank

BADAI PUNYA NAMA YANG INDAH LH...
[I]makasih sudah memberi ilmu bagi gue he,he[/I]
30/03/13 10:32 selengkapnya....
oleh... yunita

PRAJURIT TNI MENGHIBUR PELAJAR...
ayo semangat untuk mujahid yg akan datang semngat........
04/03/13 08:26 selengkapnya....
oleh... hermhan kurniawan

MELAYANG DI ANGKASA
berapa lama satelit masa kadaluasanya tiba, supaya dapat dig...
01/03/13 08:12 selengkapnya....
oleh... celo

PRESIDEN MEMBUKA LIGA PENDIDIK...
kpan lgii , d lanjutin LPInya .. udhh gk sbar niiyy .. kam...
10/02/13 15:42 selengkapnya....
oleh... Saiful Bakri

eXTReMe Tracker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Free counter and web stats Locations of visitors to this page
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from bocah.info. Make your own badge here.