Dec 14, 2018 at 01:10 AM
CERITA SEHARI HARI
Halo Anak Indonesia! arrow Rubrik arrow Sekolah arrow CURAH HUJAN, BUAT APA?
Share Answer Questions
 
CURAH HUJAN, BUAT APA? PDF Print E-mail
Written by bocah   
Sep 24, 2008 at 12:00 AM

hands+in+rainMUNGKIN kamu pernah mendengar laporan cuaca di radio, televisi, dan juga koran. Terdapat istilah Curah hujan. Disebutkan dalam jumlah angka tertentu dengan satuan milimeter. Apakah maksudnya? Bagaimana angka itu menjelaskan hujan yang turun di suatu daerah? Apa kegunaan Angka curah hujan tersebut?

es19_rain-gauge-illusCurah hujan sebesar 1 mm artinya adalah “tinggi” air hujan yang terukur setinggi 1 mm pada daerah seluas 1 m2 (meter persegi). Artinya “banyaknya” air hujan yang turun dengan ukuran 1 mm adalah 1 mm x 1 m2 = 0,001 m3 atau 1 liter.

Jadi misal suatu daerah pada suatu hari memiliki curah hujan sebesar 8000 mm, dan wilayah itu memiliki luas 100 km2, maka jumlah air yang “turun” di daerah itu adalah 8000 mm x 100 km2 = 8 x 1011 liter (kamu tahu cara menghitungnya kan. Jika air sebanyak itu jatuh ke bumi dan tidak langsung mengalir atau meresap ke dalam tanah, maka kamu dapat memperkirakan berapa luas daerah yang tergenang air itu. Sebagai contoh : luas wilayah yang tergenang air setinggi rata-rata 1 meter di area hujan tadi adalah 8 x 1011 liter / 1 m = 8 x 108 m2 = 800 km2. (coba tanyakan orang tua dan guru kamu mengenai cara mengkonversi atau ”merubah” satuan dari meter ke kilometer, dan sebagainya)

proyek_pelebaran_jalan_dan_drainase_di_lapangan_bandara1Curah hujan dihitung harian, mingguan, hingga tahunan, sesuai kebutuhan. Pembangunan Saluran Drainase, selokan, irigasi, serta pengendalian banjir selalu menggunakan data curah hujan ini, untuk mengetahui berapa jumlah hujan yang pernah terjadi di suatu tempat, sebagai perkiraan pembuatan besarnya saluran atau sarana pendukung lainnya saat hujan sebesar itu akan datang lagi dimasa mendatang.

Sebagai contoh, rata-rata curah hujan di Indonesia adalah 2000-3000 mm/tahun (artinya kalau air hujan "dikumpulkan" selama satu tahun akan setinggi 2-3 meter!). CUrah hujan tertinggi ada di daerah Jawa Tengah Baturaden sebesar 7069 mm/thn, dan curah hujan terrendah ada di daerah Palu, Sulawesi tengah sebesar 547mm/tahun. Oh ya data tersebut didapat dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), yaitu badan resmi pemerintah yang menangani masalah cuaca dan kebumian.

Nah berapa curah hujan di daerah kamu? Apakah termasuk ”basah” atau ”kering”? Dan kapan akan terjadi hujan besar? Bersihkan selokan dan saluran rumah kamu supaya tidak tersumbat ya.***

(dari berbagai sumber)

(foto istimewa)


E-mail

  Komentar kamu (18)
RSS comments
 1 Written by Abu Warnaso, on 24-09-2008 02:05
Mas pengelola, kok ketika menghitung volume air yang turun hingga menjadi genangan banjir, sampeyan gak masukin faktor waktu di situ? 
 
Dalam contoh sampeyan, di mana hujan turun menggenangi areal seluas 800km persegi setinggi satu meter, itu tentu ada faktor waktunya dong. Misale sejam. Kalo dua jam, logikanya tentu akan jadi dua kalinya. 
 
Nah, apakah dalam pengukuran \"milimeter air hujan\" itu juga ada faktor waktunya? Misal diukur selama selang waktu tertentu.
 2 Written by b0cah, on 24-09-2008 02:38
buat #1, wah pertanyaan kamu bagus, kamu benar, bahwa perlu ada satuan waktu, coba kamu baca lagi di bagian bawah, bahwa besaran curah hujan itu diukur berdasarkan waktunya (bisa harian, mingguan, tahunan, bahkan tiap jam atau menit). 
 
Contoh yang b0cah sampaikan mengenai jumlah air hujan yang turun itu tentu bisa terjadi dalam satu hari, satu minggu, atau satu tahun, dengan asumsi selama waktu itu air tidak mengalir atau menyerap, hanya memberi gambaran berapa banyaknya air yang jatuh ke bumi, serta pengaruhnya di muka bumi. 
 
Mengenai cara pengukuran curah hujan, kantor BMG melakukan pencatatan curah hujan (dan juga parameter cuaca lainnya) setiap hari. Itulah sebabnya alat ukur hujan nya dibuat sedemikian rupa untuk menghindari "penguapan" air yang telah masuk ke tabung pengukur. 
 
Oh ya saat ini sudah dikembangkan alat pengukur curah hujan yang lebih moderen dan bisa langsung diamati lewat internet loh, demikian informasi yang b0cah dapat dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonensia (LIPI). 
 
Ada rekan b0cah lain yang mau menambahkan?
 3 Written by nadwahfathon website, on 18-02-2009 01:35
mas bisa gak di jelaskan bagaimana membuat prakiraan cuaca, khususnya hujan berdasarkan data curah hujan beberapa tahun terakhir. 
 
Terimakasih
 4 Written by b0cah, on 18-02-2009 01:47
buat #3,untuk membuat prakiraan curah hujan dimasa mendatang berdasarkan data curah hujan saat ini adalah dengan menggunakan metoda STATISTIKA. 
 
Ada banyak metoda pendekatan untuk itu, tapi pada prinsipnya adalah, curah hujan memiliki pola yang berulang (periodik) sehingga dapat digunakan untuk membuat prakiraan ke depannya. 
 
Buat kamu yang berminat mempelajari hal ini,kamu akan dapatkan di bangku kuliah, terutama pada jurusan teknik konstruksi (sipil). 
 
Nah, ada rekan b0cah yang bisa memberi jawaban lain?
 5 Written by dodyirawan website, on 18-02-2009 02:02
Untuk point terakhir  
 
"Oh ya saat ini sudah dikembangkan alat pengukur curah hujan yang lebih moderen dan bisa langsung diamati lewat internet loh, demikian informasi yang b0cah dapat dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonensia (LIPI)."  
 
link nya dimana mas...? 
 
Oiya, mas tau gak gimana caranya kita memprediksi atau membuat prakiraan cuaca khususnya hujan berdasarkan data curah hujan beberapa tahun terakhir? 
 
Mungkin kita bisa bertukar data nantinya. 
Terimakasih.
 6 Written by b0cah, on 18-02-2009 02:12
buat #5, coba kamu buka link berikut http://www.rt-net-kapelima.com/curahhujan/index.php 
 
mengenai pertanyaan kedua, coba kamu lihat komentar #4 
 
semoga bermanfaat
 7 Written by dodyirawan website, on 18-02-2009 02:32
Terimakasih jawabanya. 
 
Masih tentang pertanyaan kedua, 
ada gak mas software yang bisa digunakan untuk itu...? 
 
Atau bisa shar bagaimana cara pengolahan datanya..? 
 
Terimakasih
 8 Written by b0cah, on 18-02-2009 02:36
buat #7 barangkali ada rekan b0cah yang bisa membantu?
 9 Written by ir'z, on 28-02-2009 13:07
thx bgd, ngbantu bgd bwt tgs kuliah.. 
thank u..
 10 Written by hervid, on 07-03-2009 14:33
mas..aq minta tlg bngt nih...satuan curah kan mm dan curah hujan diukur dalam wadah 1m^3.ada gak data yang valid hasil pengukuran curah hujan itu dalam satuan mm/jam..
 11 Written by b0cah, on 07-03-2009 15:04
buat #10 , sudahkah kamu mencari data tersebut pada kantor Meterologi dan Geofisika di kota kamu? atau kamu bisa mencari di kantor Pekerjaan Umum. 
 
Biasanya data tersedia mulai dari kurun waktu jam, hari, hingga tahun
 12 Written by maria, on 07-05-2009 15:37
owh ia mas,,, 
tw ga pengaruh unsur2 iklim yg dominan terhadap tanaman?? 
thx be4
 13 Written by yudha website, on 21-06-2009 10:48
mas mau tanya klasifikasi curah hujan tu apa saja? mungkin berdsarkan jumlah curah hujan trims
 14 Written by rahmi, on 08-11-2009 08:40
mas mau tanya.. apakah topografi mempengaruhi besar kecilnya curah hujan. 
kemudian, pada daerah pantai semestinya curah hujan tinggi apa rendah? apa saja faktorr yg mempengaruhinya? 
 
trims
 15 Written by Rillia ariyani, on 18-02-2010 04:11
Itu yg curah hujan tertinggi kn di Baturaden ya,itu tahun berapa?klu tahun 2009 dmn?apakah berubah?trus slama musim kemarau pnah hujan ga dsana itu?makasih..
 16 Written by kharendra muiz, on 22-06-2010 06:56
adakah metode yang paling bgus buat prakiraan CH d daerah tropis spt indo>> 
trims
 17 Written by vi, on 20-07-2010 07:14
curah hujan adl salah satu penyebab faktor persebaran flora dan fauna.MENGAPA???
 18 Written by Riefky, on 29-03-2011 12:21
Untuk mengetahui prakiran Cuaca, Di butuhkan gabungan dari beberapa alat salah alat ukur kelembapan udara, arah angin, kecepatan angin, dan yg paling canggih radar untuk melihat pergerakan awan

Tulis Komentar Kamu
  • Harap memberi komentar yang berkaitan dengan isi artikel.
  • Penggunaan kata-kata kasar/tidak sopan akan dikoreksi atau DIHAPUS.
  • Jangan menyalin seluruh isi situs kamu kedalam komentar. Beberapa bagian akan dihilangkan.
  • Pastikan selalu me *Refresh* untuk menampilkan kode keamanan terbaru, sebelum kamu meng-klik tombol 'send'.
  • Perlu diingat bahwa proses tersebut diatas hanya diterapkan jika kamu mengalami kesulitan/gangguan dalam memasukkan kode keamanan.
Name:
E-mail
Homepage
BBCode:Web AddressEmail AddressBold TextItalic TextUnderlined TextQuoteCodeOpen ListList ItemClose List
Comment:

Code:* Code

Powered by AkoComment Tweaked Special Edition v.1.4.6
AkoComment © Copyright 2004 by Arthur Konze - www.mamboportal.com
All right reserved


Peluang Usaha Tiket Online,Klik Disini

banner_88x31_hitam

jadwal-sholat

Selamat!, Kita telah mendapat penghargaan dari ICT-Watch,simak beritanya disini Internet Sehat

Increase Google Page Rank
Trimakasih kepada para Donatur yang telah menyampaikan Donasi nya. Seluruh Donasi Anda sepenuhnya digunakan untuk pengembangan situs ini.
Halo Anak Indonesia!
JELAJAH bocah.info
CERITA SEHARI HARI
Hubungi Kami
Kumpulan artikel
Berita
Rubrik
KOMENTAR KAMU
ANGKA ROMAWI
kalo pnulisan angka 30-03-1996 gimana ? soal.a pengen bua...
09/04/13 14:05 selengkapnya....
oleh... mbe loeank

BADAI PUNYA NAMA YANG INDAH LH...
[I]makasih sudah memberi ilmu bagi gue he,he[/I]
30/03/13 10:32 selengkapnya....
oleh... yunita

PRAJURIT TNI MENGHIBUR PELAJAR...
ayo semangat untuk mujahid yg akan datang semngat........
04/03/13 08:26 selengkapnya....
oleh... hermhan kurniawan

MELAYANG DI ANGKASA
berapa lama satelit masa kadaluasanya tiba, supaya dapat dig...
01/03/13 08:12 selengkapnya....
oleh... celo

PRESIDEN MEMBUKA LIGA PENDIDIK...
kpan lgii , d lanjutin LPInya .. udhh gk sbar niiyy .. kam...
10/02/13 15:42 selengkapnya....
oleh... Saiful Bakri

eXTReMe Tracker
SEO Stats powered by MyPagerank.Net Free counter and web stats Locations of visitors to this page
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos and videos from bocah.info. Make your own badge here.